AdPlus sebagai Reseller Iklan PathTrack di Indonesia

Jangan heran jika Anda sedang asyik scroll linimasa Path, lalu menemukan iklan. Tahun 2016 lalu, jejaring sosial yang sangat digandrungi pengguna Internet Indonesia ini meluncurkan platform periklanannya sendiri yang diberi nama Track. Dengan meluncurkan Track, berbagai brand kini dimungkinkan untuk memasang iklan mereka di timeline Path.

Jejaring sosial milik perusahaan Internet asal Korea, Kakao, ini memang sudah mulai menayangkan iklan, khususnya untuk pengguna di Indonesia. Keputusan Path memasang iklan di Indonesia bisa dibilang strategi jitu mengingat 40% pengguna dari sosial media ini berasal dari Indonesia.

Iklan pada Path ini dirancang dengan sangat memperhatikan user experience dari aplikasi Path sendiri. Iklan dirancang dengan bentuk menyerupai post yang biasa diunggah oleh pengguna sosial media tersebut. Bedanya, pada kolom iklan, terdapat label Sponsored Content (seperti iklan Facebook) dan memiliki tombol yang jika diklik akan langsung membawa pengguna ke halaman web lain.

Gambar: Kompas.com
Gambar: Kompas.com

Untuk menghadirkan konten iklan, Path menggandeng AdPlus sebagai salah satu reseller iklan di Indonesia. Kerja sama eksklusif ini sudah dimulai sejak 1 Desember 2016 lalu. Perjanjian bisnis antara keduanya memungkinkan AdPlus untuk menjual inventori iklan di Path kepada perusahaan-perusahaan yang berminat memasang iklan pada sosial media yang didirikan pada 2010 silam tersebut.

Path jauh lebih populer di Indonesia dibandingkan dengan di negara kelahirannya, Amerika Serikat. Sejak 2010 hingga akhir tahun 2016, Path sudah menjaring kurang lebih 10 juta orang sebagai penggunanya. Setiap bulannya, Path mencatat ada sebanyak 87 post diunggah, 900 juta emoticon dikirim, serta 60 juta kali aktivitas check in terjadi di aplikasi sosial media buatan Shawn Fanning dan Dave Morin ini. Hal tersebut membuat Path menjadi salah satu media beriklan yang sangat potensial, bahkan jika dibandingkan dengan media sosial besar lainnya seperti Instagram dan Facebook.

Dengan kerja sama antara Path dan AdPlus, kini perusahaan-perusahaan yang berminat mengiklankan brand mereka di PathTrack jadi mudah.