Strategi Pemasaran Hotel Ini Dapat Meningkatkan Penjualan Hingga ke Cina

Inilah strategi pemasaran hotel yang dapat meningkatkan penjualan hingga ke negeri Cina.  Karena tamu hotel dapat berasal dari wisatawan dan non-wisatawan, hanya saja kali ini artikel ini akan fokus pada strategi peningkatan Hotel okupansi yang berasal dari wisatawan hanya.

Strategi Pemasaran Hotel Ini Dapat Meningkatkan Penjualan Hingga ke Cina

  1. Tawarkan pengalaman yang unik untuk calon tamu Anda

Menawarkan pengalaman yang unik dan berbeda untuk tamu hotel Anda. Sekarang ini sudah banyak hotel yang dipasarkan dengan embel-embel fitur dan keunggulan yang terkesan biasa-biasa saja atau bisa dikatakan “mainstream”, misalnya, lokasi yang strategis, fasilitas, dan mewah. Dari pada Anda menjual fasilitas hotel, lebih baik Anda mencoba untuk menjual pengalaman yang unik dan menarik bagi calon tamu Anda.

Ketika merencanakan materi promosi untuk brosur atau situs web, cobalah untuk fokus pada pengalaman promosi apa yang bisa dapatkan jika tamu menginap di hotel Anda.  Pikirkan tentang mengapa orang datang berkunjung ke hotel Anda, misalnya, untuk bersantai dari pekerjaan sehari-hari, jalan-jalan atau berkumpul dengan keluarga dalam suasana yang berbeda, dan mempromosikan untuk target pasar Anda. Menginap di hotel untuk para wisatawan khususnya adalah sarana untuk beristirahat dan bersantai sementara masih mencari pengalaman baru di tempat hotel untuk tinggal. Ini membuat tawaran pengalaman unik di hotel menjadi sangat penting.

  1. Jangan lakukan perang harga dengan hotel pesaing
Baca ini juga :  Pamasaran Pariwisata Indonesia Lewat Mesin Pencari Asal Cina Baidu

Perang harga tidak pernah mengejutkan memang. Tapi, kenyataannya tetap bahwa sebagian besar wisatawan memilih tujuan, agen perjalanan wisata hotel, tidak didasarkan pada harga terendah yang ditawarkan. Pasarkan hotel Anda dengan menggunakan tarif termurah yang memang bisa menjadi cara terbaik untuk menarik perhatian calon tamu, sekaligus untuk menghasilkan keuntungan besar dan stabil.

Sebenarnya, Ada alasan lain mengapa Anda tidak harus membranding hotel Anda sebagai tarif hotel dan kamar yang termurah. Anda lebih baik bersaing pada nilai dan pengalaman yang disediakan untuk para tamu. Jangan membuat hotel Anda sebagai hotel paling murah dari hotel pesaing Anda, tapi menjadikannya sebagai hotel terbaik sesuai dengan target pasar dan menempatkan pesanan Anda didirikan. Sebagian besar wisatawan bersedia membayar harga premium untuk mendapatkan pengalaman dalam unik dan menarik (sesuai dengan strategi yang pertama yang saya dijelaskan di atas).

  1. Aktif di media jejaring sosial

Manfaatkan media sosial dan aktiflah memasarkan hotel Anda di sana. Media sosial adalah alat pemasaran yang sangat efektif bagi banyak bisnis baik hotel, perjalanan, dan wisata. Hubungan Anda dengan tamu melalui media sosial dapat meningkatkan loyalitas tamu untuk terus berkunjung dan menginap di hotel Anda.

Baca ini juga :  5 Faktor Kesuksesan Dalam Pemasaran Hotel ke Cina

Media sosial yang masih merupakan alat yang paling efektif dan mudah untuk berkomunikasi dengan target pasar adalah Facebook. Anda dapat membuat halaman facebook (fan page) untuk hotel Anda dan mulailah berkomunikasi dengan tamu atau calon tamu Anda. Sebagai tips, halaman facebook tidak selalu berisi promosi ataupun penawaran harga. Anda dapat memberikan informasi lainnya dalam bentuk rekomendasi untuk tujuan wisata dekat dengan lokasi hotel dan kegiatan apa yang harus dilakukan di daerah tujuan wisata.

  1. Lakukan kerjasama dengan agen perjalanan wisata online

Lakukanlah kerjasama dengan agen perjalanan wisata online. Setiap tahun, semakin banyak wisatawan yang menggunakan jasa dari agen perjalanan wisata online, seperti Traveloka, Wego dan Trivago. Biasanya mereka menggunakan jasa perjalanan aggregator ini untuk memesan hotel, akomodasi bahkan paket wisata. Karena berbagai kemudahan dan fasilitas yang ditawarkan, wajar saja jika banyak orang sekarang lebih memilih untuk memesan berbagai kebutuhan perjalanan (kamar hotel dan pesawat) melalui situs web dari aggregator perjalanan.

Daripada melawan keberadaan situs web menggelontorkan dengan biaya pemasaran yang besar melalui iklan dibayar (Facebook Ads, Google Adwords, dll), lebih baik Anda bekerja sama dengan mereka. Anda dapat menambahkan daftar harga berbagai jenis kamar yang tersedia di Hotel Anda ke dalam database mereka. Meskipun beberapa situs jenis ini mengharuskan Anda untuk membayar agar bisa masuk ke dalam daftar situs mereka, tetapi merupakan strategi yang cukup tepat jika dilihat dari sisi Return of Investment (ROI). Karena membeli intens atau keinginan untuk membeli dari orang-orang yang mengunjungi situs web dari aggregator perjalanan sangat besar dan hampir pasti akan membeli produk yang ditawarkan di situs web.

Baca ini juga :  Begini Pemasaran Wisata Golf Indonesia ke Cina