Promosi Bisnis Restoran Indonesia ke Pasar Tiongkok

Berikut ini merupakan beberapa cara ampuh yang biasa digunakan dalam mempromosikan Restoran khas Indonesia ke pasar Tiongkok, Cina. Membuka warung makanan atau restoran menjadi pilihan bisnis yang sangat baik saat ini, karena semua orang perlu makan, jadi ini peluang bisnis yang sangat menjanjikan bagi Anda. Namun karena sifat barang dagangan di restoran atau rumah makan mudah cepat rusak alias basi, Anda sebagi pemilik atau pengelola rumah makan tersebut harus pintar-pintar dalam melakukan promosi di awal pembukaan restoran atau rumah makan Anda. Jika tidak, siap-siap Anda harus menelan kerugian. Saat ini, pemerintah Indonesia masih terus menarik wisatawan mancanegara terutama wisatawa asal Cina, melalui berbagai kuliner khas dari seluruh pula yang ada di Indonesia.

Promosi Bisnis Restoran Indonesia ke Pasar Tiongkok

Maka dari itu, dibawah ini dijelaskan cara promosi yang efektif untuk sebuah restoran demi menembus pasar Cina:

Buat dan gunakan Website dan Blog

Membuat blog tentang restoran Anda melalui blog gratis seperti wordpress. Apabila Anda ingin memasarkannya ke negara Cina, buatlah web yang memiliki unsur khas negeri tirai bambu tersebut, seseperti warna merah dan emas pada layout web, ditambah dengan unsur-sunsur gambar naga dan ayam merak serta bambu. Dengan seperti ini, web restoran Anda dapat diketahui oleh masyarakat luas khusunya masyarakat Cina. Jika memungkinkan buta juga video tentang restoran Anda dan diunggah di jejaring sosial seperti facebook dan youtube. Seperti pada saat soft launching restoran Anda Jadi pembeli merasa tertarik untuk datang ke restoran Anda.

Baca ini juga :  Strategi Promosi Online Tiket Pesawat ke Luar Negeri

Manfaatkan platform media sosial

Kita sudah tahu bahwa penggemar dan pengguna facebook page dan twitter sangat kuat untuk digunakan promosi, apalagi saat ini Instagram sudah mulai merambak ke dunia promosi. Anda juga dapat menggunakan youtube atau blog untuk memperkenalkan restoran Anda pada khalayak. Rajin-rajinlah meng-upload gambar menu makanan Anda di sana dan berikan kesan kelezatan pada setiap gambar yang Anda posting. Cara ini dirasa cukup efektif untuk menarik perhatian pelanggan secara online.

Lakukan soft launching dengan iklan unik dan kreatif di Youtube Channel

Memberikan keunikan yang membuat orang ingin mencoba untuk datang restoran Anda dengan nama restoran yang unik atau menyediakan menu-menu unik yang membuat penasaran calon pelanggan. Melakukan hal-hal kreatif, seperti membuat iklan kampanye untuk memperkenalkan restoran Anda, misalnya dalam iklan promo tersebut mengusung tema oriental, para pelayan menggunakan pakaian ala oriental, dan pergi berkeliling Asia dari Indonesia – Tiongkok, demi menyajikan makanan yang menjadi signature di restoran Anda. Cara ini dirasa dapat menarik perhatian masyarakat di luar negeri, khususnya masyarakat di Tiongkok.

Baca ini juga :  Begini Trik Efektif Promosi Melalui Media Sosial Untuk Pasar Cina

Menyediakan Program-program yang menarik bagi pelanggan Anda

Hal ini sering disebut program loyalitas. Misalnya, dengan pembelian tertentu misalnya pembelian melalui delivery online, maka ada hadiah atau diskon khusus. Atau memberikan perhatian pribadi kepada pelanggan, seperti jumlah DISKON dengan mengadakan kontes repost pic melalui Instagram.

Strategi Up selling yang menarik

Pancing calon pelanggan dengan harga yang menarik dari rsebuah produk di restoran Anda demi memikat pelanggan membeli produk tersebut ditambah up-selling produk lainnya yang ada di Restoran Anda. Misalnya, gratis menambah nasi dan menambah gratis minum jika datang  pada waktu 3 atau 4 kalinya.

Email dan mobile marketing

Mintalah kepada para pelanggan restoran anda alamat email beserta nomor ponsel mereka, dengan ini Anda dapat memberikan update-update terbaru tentang restoran Anda setiap saat untuk mereka. Tapi jangan lupa untuk menanyakan kepada mereka apakah mereka bersedia untuk dihubungi melalui email atau sms jika terdapat promosi di rumah makan Anda di rumah. Karena ada juga pembeli yang sering merasa terganggu untuk menerima promosi-promosi seperti ini. pembeli dikhawatirkan akan kabur bahkan menjauh jika kita memaksakan cara ini untuk mereka.

Baca ini juga :  Inilah Strategi Promosi Kreatif Produk Hingga ke Luar Negeri

 Itulah sedikit cara promosi online restoran khas Indonesia dalam menembus pasar Tiongkok. Semoga dengan tips di atas Anda dapat mengembangkan bisnis restoran Anda tidak hanya untuk pasar Tiongkok saja, tetapi untuk pasar-pasar di berbagai belahan dunia lainnya, seperti di Eropa, dan Amerika.