Inilah Strategi SEO yang Penting Dalam Menjalankan Bisnis Online ke Negeri Cina

Berikut ini merupakan strategi SEO (Search Engine Optimization) yang penting dalam menjalankan bisnis online Anda ke negeri Cina. SEO (Search Engine Optimization) adalah cara untuk menarik pengunjung melalui mesin pencari. Karena mesin pencari paling banyak digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia, termasuk Cina salah satunya saat mengunjungi internet, maka penting bagi Anda para pebisnis untuk memahami bagaimana cara kerja dari SEO dan menggunakannya untuk meningkatkan traffic.

Inilah Strategi SEO yang Penting Dalam Menjalankan Bisnis Online ke Negeri Cina

Hampir 70-80% mencari informasi melalui search engine

Menurut penelitian, hampir 70-80% orang yang mencari informasi melalui search engine atau mesin pencari. Terlebih lagi masyarakat Cina yang notabene menggunakan mesin pencari Baidu dalam kegiatan browsing sehari-hari mereka. Oleh karena itu, pada pebisnis online harus mencari cara agar situs mereka muncul di mesin pencari. Dari pengamatan, hasil mesin pencari, yang penting adalah untuk muncul pada halaman pertama (page one).

Karena kebanyakan orang berhenti pada halaman pertama dan tidak melanjutkan ke halaman kedua. Dengan memahami strategi membangun Search Engine Optimization (SEO), internet marketer dapat menarik banyak pengunjung terutama pengunjung di negeri Cina dan negara-negara lain secara gratis.Berikut adalah 3 strategi yang penting dalam membangun SEO yang efektif dan aman:

Menyajikan konten terbaik

Kita perlu memahami bagaimana mesin pencari bekerja. Pada dasarnya, mesin pencari ingin menampilkan konten terbaik sesuai dengan yang dicari oleh para pengguna. Search engine tidak ingin menampilkan konten yang tidak relevan atau tidak berguna. Karena, jika konten yang dihasilkan tidak sesuai, itu akan mengecewakan pengguna dan akhirnya, mesin pencari tidak akan digunakan lagi oleh mereka. Oleh karena itu, mesin pencari sangat penting diisi dengan konten yang bagus. Itu karena, sebisa mungkin mesin pencari akan berusaha untuk menampilkan konten.

Baca ini juga :  Cara Menggunakan Instagram-Ads dalam Promosi Produk ke Luar Negeri

Apa kriteria konten yang bagus?

Pertama, membuat informasi yang sesuai dengan kebutuhan pengunjung, untuk kali ini pengunjung di negeri Cina sendiri. Jika informasinya cocok dengan yang dicari oleh pengunjung, sudah pasti pengunjung akan senang dan akan selalu mengunjungi di situs Anda tersebut. Menulis dengan gaya bahasa yang sesuai dengan pengunjung. Hal ini untuk memastikan bahwa informasi yang disampaikan dengan baik. Dan jangan lupa menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh pengunjung, gunakanlah bahasa inggris dan mandarin jika Anda ingin menjangkau pelanggan di Cina.

Kedua, Menulis untuk manusia. Karena pembaca Anda adalah manusia. Meskipun banyak aturan tentang bagaimana penulisan SEO, tapi menulis sesuatu yang baik dan enak untuk dibaca jauh lebih penting. Selain itu, mesin pencari sekarang ini sudah semakin canggih. Mereka dapat memahami artikel dengan sangat baik.

Memahami Kata Kunci (keyword)

Proses pencarian di mesin pencari pastinya menggunakan kata kunci. Misalnya, pengguna menggunakan kata kunci ‘bisnis online’ ketika mencari informasi tentang jenis usaha. Oleh karena itu, bisnis online yang menggunakan SEO untuk memahami ‘kata kunci’ yang digunakan oleh pengunjung atau target pasar mereka. Lalu, ada baiknya membahas kata kunci apa yang penting dalam bisnis Anda, tetapi belum banyak kompetisi atau pesaingnya. Artinya, tidak banyak kata kunci yang ditargetkan di situs yang serupa. Untuk memahami kata kunci, pebisnis perlu memahami sasaran kebutuhan pasarnya. Apa yang mereka cari, serta istilah yang mereka gunakan ketika melakukan pencarian. Intinya, dalam SEO, memahami pelanggan tetap penting dilakukan.

Baca ini juga :  Inilah Media Sosial yang Digunakan untuk Promosi Online ke Luar Negeri

Membangun Backlink

Dalam SEO, salah satu faktor yang penting adalah dengan membangun backlink. Apa itu backlink? singkatnya, ini adalah link yang diberikan oleh pihak lain ke situs Anda. Jika link ini diklik, maka pengunjung Anda akan dikirim ke situs yang diberikan oleh link tersebut. Backlink adalah bukti bahwa pihak lain menganggap bahwa situs Anda adalah penting sehingga layak dijadikan sebagai referensi. Search engine menangkap sinyal backlink dan digunakan sebagai salah satu faktor penting dalam meranking hasil pencarian.

Ada banyak cara untuk membangun backlink. Bahkan banyak orang yang berani mengklaim akan membangun backlink denagn cepat dan hasil yang luar biasa. Namun, yang perlu dipahami sejak awal bahwa yang penting adalah bukan kuantitas tetapi kualitas dari backlink itu sendiri.

Apa kriteria backlink yang berkualitas?

Pertama,relevan. Backlink diberikan oleh situs dalam topik yang sama. Misalnya, situs tentang komputer sebaiknya mendapatkan link situs teknologi.

Kedua, Contextual links. Ini adalah link dalam konten (artikel). Alasan jenis backlink ini berkualitas adalah karena link dalam artikel biasanya terkait atau relevan dengan isi artikel (topik yang ditulis).

Baca ini juga :  Begini Strategi Promosi Online Wisata Indonesia untuk Menarik Wisatawan Luar Negeri

Ketiga, situs dengan authority tinggi. Link yang berasal dari situs-situs yang bisa dipercaya, nilainya jauh lebih baik daripada yang berasal dari situs-situs yang tidak jelas.

Itulah dia strategi cara penggunaan SEO dalam bisnis online ke negeri Cina.  Buat Anda yang ingin atau sedang berkecimpung dalam bisnis online ke luar negeri terutama ke Cina, memahami tentang SEO adalah wajib. SEO merupakan cara untuk Anda dapat menarik pengunjung ke situs bisnis Anda, karena sebagian besar masyarakat di dunia tak terkecuali di Cina sendiri, penggunaan mesin pencari sangat besar untuk dapat menemukan informasi yang dibutuhkan melalui internet.