Inilah Strategi Promosi Produk Melalui Media Sosial ke Luar Negeri

Berikut ini merupkan strategi promosi produk atau jasa melalui media sosial menembus pasar luar negeri. Saat ini, berbisnis dapat dilakukan hanya dengan bantuan gadget yang ada di tangan Anda seperti Smartphone. Banyak bisnis start up yang sukses karena pasar di dunia maya sangat besar. Bahkan, internet termasuk media sosial adalah salah yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia modern saat ini. Oleh karena itu, setiap bisnis yang Anda miliki  baik produk atau jasa, Anda bisa menggunakan media sosial seperti Twitter, Facebook, Instagram, dan lain-lain untuk dapat menembus pasar internasional.

Inilah Strategi Promosi Produk Melalui Media Sosial ke Luar Negeri

Menembus pasar internasional menggunakan media sosial

Menggunakan media sosial untuk menembus pasar internasional memang terbilang hal yang gila. Tapi, di era digital di sekarang ini dimana tidak ada batas ruang dan waktu sehingga pasar intrnasional semakin terbuka lebar bagi siapa saja yang pandai memainkan jari-jemarinya serta strategi bisnis online untuk terus tumbuh dan berkembang. Untuk menembus pasar luar negeri dengan menggunakan media sosial, ada beberapa strategi yang tidak boleh dilewatkan. Diantaranya:

  • Memiliki Website Perusahaan Sendiri

Memang benar, jika media sosial saja sudah cukup untuk menunjukkan barang dan jasa yang Anda tawarkan ke pasar luar negeri. Namun, kepercayaan konsumen akan meningkat apabila Anda juga memiliki situs resmi untuk dijadikan sebuah toko online. Website ini sangat penting bahkan ketika Anda membuat account di media sosial untuk toko atau perusahaan akan diminta untuk link dari situs resmi yang Anda miliki.

  • Membuat semua akun media sosial Anda
Baca ini juga :  Cara Ampuh Mempromosikan Produk Melalui Media Sosial

Jika Anda ingin menembus pasar luar negeri dengan media sosial dengan maksimal, maka wajib untuk membuat account di setiap media sosial yang ada. Mengambil keuntungan dari semua jenis akun media sosial untuk menyebarkan iklan dan produk atau jasa dimulai dari Twitter, Facebook, Whats App, Instagram, Google+, Facebook, BBM atau Blackberry Messenger, Yahoo Messenger, dan lainnya. Juga yang tidak boleh ketinggalan untuk Anda membuat account LinkedIn dengan tampilan yang profesional.

  • Membuat Facebook Fanpage

Selain membuat akun-akun tersebut, jangan lupa untuk membuat Fanpage pada Facebook. Melalui  Fanpage ini, Anda dapat melihat tingkat peminat dalam bisnis yang Anda miliki. Jika jumlah like semakin banyak, maka semakin banyak calon pembeli yang juga semakin tinggi. Terutama jika Anda melakukan promosi di Fanpage. Promosi Fanpage ini juga tidak terlalu mahal. Wajar jika Fanpage Facebook adalah salah satu trik untuk meningkatkan angka penjualan Anda nomor produks atau bisnis Anda serta untuk menembus pasar luar negeri yang bisa dibilang efektif.

  • Lakukan Promosi online sesering mungkin
Baca ini juga :  Inilah Promosi Online untuk Bisnis Restoran Melalui Baidu Cina

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk promosi bisnis online melalui media sosial. Jika Anda menggunakan BBM bisa dengan melakukan broadcast message, jika melalui Fanpage di Facebook dapat dengan bayar dan lain-lain. Maksimalkan iklan atau promosi online yang baik dan gratis atau berbayar agar promosi berjalan lebih efektif. Tentu saja, jika target Anda adalah pasar luar negeri, penggunaan bahasa Inggris juga sangat penting, mengingat bahas inggris merupakan bahasa yang mendunia dan banyak dimengerti oleh sebagian besar masyarakat di dunia.

  • Bergabung dengan pasar online internasional

Sama seperti pasar lainnya di Indonesia, seperti Amazon.com, Alibaba.com pasar, eBay.com dan Globalsources.com memiliki sejumlah pasar yang lebih luas karena mereka merupakan jaringan pasar internasional. Oleh karena itu, kesempatan untuk mendapatkan pelanggan dari luar negeri akan lebih banyak lagi. Jadi, Anda dapat melakukan promosi online di media sosial dengan mengambil link dari akun Anda atau toko online di beberapa pasar yang sudah disebut di atas.

  • Memahami prosedur ekspor impor
Baca ini juga :  Cara ini Ampuh Dalam Kegiatan Promosi Hotel ke Luar negeri

Tentu saja, jika Anda ingin menembus pasar luar negeri berarti Anda akan melakukan pengiriman luar negeri atau biasa disebut ekspor. Oleh karena itu, wajar jika Anda harus memahami prosedur impor dan ekspor secara detail termasuk estimasi biaya pengiriman dan waktu pengiriman. Anda juga harus memilih layanan pengiriman yang handal dan terpercaya. Memang tergantung pada jenis barang apa yang Anda tawarkan karena barang ekspor bisa dikategorikan barang dilarang, barang terbatas dan barang bebas ekspor.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik dalam mencoba untuk menembus pasar luar negeri menggunakan media sosial? Namun, sebelumnya Anda harus memahami terlebih dahulu seluk beluk media sosial dan strategi promosi dan pemasaran online dengan memaksimalkan penggunaan media sosial. Jadi, apa pun jenis bisnis Anda baik itu bisnis produk  atau bisnis jasa juga bisa berkembang secara optimal nantinya.