Ini Dia Strategi Pemasaran Ke Cina Terbaru!

Berbagai strategi pemasaran produk dalam menarik perhatian konsumen hingga ke negara Cina.  Di dalam dunia bisnis, penjualan atau sales memang menjadi sangat penting, atau dapat dikatakan sebagai ujung tombak perusahaan sehingga perusahaan bisa bertahan diantara banyaknya persaingan antar perusahaan-perusahaan lain. Karena tidak adanya penjualan, maka perusahaan dapat dikatakan untuk gulung tikar atau bangkrut.

ini-dia-strategi-pemasaran-ke-cina-terbaru

Pemasaran produk ini memang tidak terlalu sulit, karena ada banyak variabel yang harus Anda perhatikan. Misalnya, pemasaran produk lama dan produk baru yang berbeda serta pemasaran yang digunakan pada waktu itu berbeda dari pemasaran di era sekarang. Karena strategi pemasaran zaman dahulu masih menggunakan cara konvensional, sedangkan strategi sekarang lebih mengandalkan teknologi sehingga lebih bias mengefisiensi waktu dan biaya pengeluaran. Termasuk dalam pemasaran ke luar negeri khususnya dalam menjangkau konsumen di negeri Cina.

Itulah sebabnya menerapkan strategi pemasaran yang cocok untuk perusahaan memang sulit. Karena setiap perusahaan memiliki karakteristiknya sendiri. Belum tentu Sebuah strategi A cocok untuk perusahaan B, sedangkan strategi A sangat cocok dan baik untuk perusahaan B.

6 Strategi Pemasaran yang cocok untuk suatu usaha dalam menjangkau konsumen hingga ke Cina

Untuk lebih jelasnya, berikut 6 strategi untuk produk pemasaran ke Cina terbaru, diantaranya:

  1. Melakukan Riset Target Market / Pelanggan

Hal pertama yang dilakukan adalah dengan cara meneliti pasar (riset pasar), mengapa hal ini menjadi begitu penting? Karena, pasarlah yang akan menggunakan produk Anda, pasarlah yang akan memberikan pendapatan bagi perusahaan Anda. Jika Anda sudah salah menntukan  pasar yang salah, dapat dikatakan perusahaan Anda telah gagal sejak awal.

Baca ini juga :  Inilah Pemasaran Pariwisata Indonesia di Mesin Pencari Baidu

Lalu bagaimana cara melakukan riset pasar? Misalnya, Anda memiliki bisnis di bidang fashion ala Korea. Kemudian bidiklah pasar yang tepat dengan nya, misalnya ke pasar Cina. Anggaplah bahwa mereka adalah anak-anak muda yang menyukai drama Korea, dengan rentang usia 15-25 tahun, dengan jenis kelamin perempuan. Semakin kecil pasar Anda lebihSemakin besar kemungkinan untuk berhasil untuk memasarkanproduk Anda.

Mengapa demikian? Sederhana, karena Anda akan sangat fokus pada pasar kecil dulu. Sehingga kami dapat memberikan layanan tambahan kepada konsumen, jika usaha sudah stabil maka bisa berkembang ke bisnis lain.

  1. Lakukan Promosi dengan pemasaran

Setelah memahami pelanggan atu target pasar Anda maka langkah selanjutnya adalah melakukan promosi. Coba promosi dengan cara yang efektif dan kreatif sehingga dapat menarik pelanggan sebanyak itu, dan jangan lupa untuk melakukan promosi secara konsisten dan terus menerus. Misalnya setiap Anda dapat melakukan perjalanan sambil membawa brosur produk Anda atau pamflet, lalu bagikan ke orang-orang yang Anda temui di sepanjang jalan.

Baca ini juga :  Strategi dan Teknik dalam Pemasaran Produk Secara Online ke Cina

Atau Anda juga bisa mempromosikan penggunaan akun media social Anda. Langkah berikutnya adalah untuk mengamati dan analisis model promosi yang digunakan oleh para pesaing. Apa untuk mengamati pesaing? Kita bisa mengambil keuntungan dari pesaing, sehingga kita dapat meniru hal-hal yang baik dan kami meskipun sedemikian rupa sehingga dapat diterapkan secara maksimal di perusahaan.

  1. Memilih Lokasi yang Strategis

Berikutnya adalah memilih tempat yang tepat untuk lokasi bisnis Anda. Pilih tempat, atau lokasi yang sesuai dengan hasil penelitian pada pelanggan Anda. Jika produk yang Anda tawarkan dalam bentuk pakaian untuk kalangan anak muda, maka cocok dipasarkan di daerah yang banyak digandrungi anak-anak muda, misalnya di suatu Universitas atau, tempat nongkrong anak muda.

Selain strategis, pastikan lokasi Anda mudah diakses bagi pelanggan, jangan memilih tempat yang masuk ke dalam gang dan sulit dijangkau oleh konsumen. Cobalah tempat yang mudah diakses, seperti di tepi jalan utama, atau pusat kota, dan lain-lain. Pemilihan lokasi merupakan salah satu strategi mereka untuk menarik pelanggan. Oleh karena itu, pilihlah lokasi usaha yang strategis dan tepat sehingga bisnis Anda dapat diakses oleh pelanggan.

  1. Manfaatkan Marketing Online / Internet Marketing

Manfaatkan sebaik mungkin teknologi dan Informasi yang ada. Karena dengan pemanfaatan teknologi secara maksimal maka pengefisiensian perusahaan akan lebih baik. Dengan pemanfaatan teknologi seperti internet marketing, jangkauan konsumen dapat diperluas apalagi dalam menjangkau konsumen ke luar negeri. Selain itu, engeluaran biaya dapat ditekan seminim mungkin. Ada banyak model pemasaran online, yang paling populer adalah Search Engine Optimization dan Social Media Optimization. Keduanya sama-sama baik, tergantung pada model produk yang Anda jual. Jika SEO lebih cocok jika produk Anda adalah produk yang dicari, sedangkan SMO lebih cocok jika produk Anda adalah produk dari kebutuhan sehari-hari.

Baca ini juga :  Inilah Cara Pemasaran Agar Produk Dapat Bersaing di Pasar Internasional

Jika Anda dapat mengambil keuntungan dari SEO dan SMOsecara  efektif, maka biaya pemasaran Anda dapat ditekan dengan sangat maksimal. Anda tidak perlu untuk mencetak brosur, spanduk, baliho, dll Karena semua dilengkapi dengan adanya jaringan internet.

Itulah dia strategi pemasaran ke luar negeri terbaru. Masih banyak strategi lain yang dapat membantu dan mempermudah Anda dalam mengembangkan bisnis hingga mencapai ke luar negeri. Semoga lewat artikel ini Anda lebih bias memahami strategi apa yang harus Anda lakukan dalam memasarkan produk barang dan jasa Anda hingga mencapai pasar luar negeri terutama ke negeri Cina.