Cara Promosi Restoran yang Tepat via Online ke Luar Negeri

Berikut ini merupakan beberapa  cara yang dapat Anda lakukan untuk promosi  restoran yang tepat via online ke luar negeri. Perkembangan bisnis online di Indonesia semakin lebih membawa angin segar baik dalam berbagai bidang usaha. Bisnis kuliner (rumah makan & Restoran) salah satu usaha yang mudah terkena dampak dengan positif antara layanan pesan dan kemudahan promosi menggunakan media sosial.

Cara Promosi Restoran yang Tepat via Online ke Luar Negeri

Kehadiran media sosial sangat terasa pengaruhnya dalam beberapa tahun terakhir, seiring dengan pertumbuhan pesat teknologi komunikasi bergerak bersamaan dengan perangkat penunjangnya. kegiatan pemasaran sendiri pada dasarnya bertujuan untuk menciptakan dan membentuk opini publik dengan produk yang ditawarkan. Dalam promosi restoran melalui jejaring sosial, pemilik atau manajer dari sebuah restoran dapat mengambil banyak keuntungan dibandingkan dengan beriklan melalui media cetak yang cenderung terkesan monoton dan kurang fleksibel dalam penerapannya.

Media jejaring sosial alat pemasaran yang cukup efektif

Dengan keunikan dan kreatifitas, media jejaring sosial telah menjadi alat pemasaran yang cukup efektif dalam mempengaruhi persepsi banyak orang khusunya para calon kosnumen di luar negeri. Meskipun penggunaan media sosial sebagai alat pemasaran cukup efektif, tetapi kita harus bisa memanfaatkan media sosial dengan sebaik mungkin, dan juga dapat memahami esensi dari penggunaan media sosial sebagai salah satu media promosi dari restoran Anda.

Baca ini juga :  Inilah Cara Promosi Online Melalui Facebook untuk Menjangkau Konsumen di Cina

Melalui persamaan persepsi dengan pengguna media sosial lainnya, kita pasti akan lebih mudah untuk menyampaikan pesan-pesan dan berbagai informasi mengenai restoran Anda kepada calon konsumen.Berikut adalah beberapa tips untuk pemilik rumah makan & Restoran untuk mempromosikan bisnisnya dengan unik via online:

  1. Google Maps

Google Maps adalah peta digital yang disediakan oleh Google secara gratis. Kita bisa mendaftar (sign-up) dan menambahkan alamat rumah makan atau restoran kita ke dalam Google Map. Setiap orang yang mengetikkan nama rumah makan atau restoran Anda ke dalam kotak pencarian Google, Google akan memunculkan peta lokasi dimana restoran Anda di halaman hasil pencarian. Dengan begitu paara pengunjung akan membantu untuk menemukan lokasi rumah makan Anda.

  1. Wikimapia

Mirip dengan Google Map, hanya prosedur yang diberikan jauh lebih longgar. Jika pada Google Maps alamat Anda baru akan muncul setelah Anda memasukkan kode verifikasi yang dikirimkan ke Google, dalam Wikimapia alamat kita akan langsung muncul tanpa diverifikasi.

  1. Media sosial Facebook dan Twitter
Baca ini juga :  Cara Promosi Bisnis Online ke Luar Negeri Melalui Twitter

Jika istilah promosi sebelumnya dikenal dari mulut ke mulut, saat ini beralih ke media digital seperti twitter dan facebook. Kita dapat menggunakan situs-situs jejaring sosial untuk tetap melakukan komunikasi dengan pelanggan. Anda cukup download twitter atau facebook, lalu membuat akun tentang restoran Anda, lalu update status atau tweet untuk memberitakan para pelanggan akan restoran Anda, seperti program diskon akhir pekan atau meluncurkan menu baru untuk semua pelanggan dan para pengikut (followers). Sangat praktis dan murah bukan?

  1. Advertising

Sama seperti surat kabar, tabloid, TV dan Radio, internet juga menyediakan tempat untuk beriklan. Mulai dari iklan baris, iklan display sampai mini website semua tersedia di internet. Dari yang gratis sampai berbayar semua tinggal Anda pilih. Google Adwords, YogYESgudeg(dot)com, dotnet(dot)com dan SendokGarpu adalah beberapa contoh yang bisa dicoba untuk mempromosikan restoran secara online. Untuk iklan gratis silahkan mencoba iklan baris gratis yang tersedia di internet.

  1. Situs Web

Pembuatan website dapat dipertimbangkan jika biaya promosi lebih dari cukup. Website yang baru juga diperlukan jika informasi yang akan Anda sampaikan cukup banyak. Di sisi lain, website yang bagus dan up to date dapat digunakan untuk meningkatkan citra rumah makan atau restoran yang Anda kelola.

Baca ini juga :  Inilah Media Sosial yang dijamin Ampuh dalam Menjangkau Pelanggan ke Luar Negeri