Begini Strategi Pemasaran Bisnis Restoran Pada Mesin Pencari Asal Cina Baidu

Inilah Strategi yang dilakukan untuk pemasaran bisnis restoran pada mesin pencari asal Ciina Baidu dalam meningkatkan penjualan. Strategi dan Pemasaran merupakan istilah dalam bisnis telah menjadi bagian yang tak terpisahkan. Sederhananya, bahasa marketing atau pemasaran, ini adalah proses yang digunakan untuk menentukan produk atau jasa menjadi menarik bagi pelanggan dengan menggunakan strategi penjualan, komunikasi dan pengembangan bisnis khususnya mengembangkan bisnis restoran.

Begini Strategi Pemasaran Bisnis Restoran Pada Mesin Pencari Asal Cina Baidu

Strategi pemasaran restoran yang wajib Anda ketahui

Sebuah pemasaran restoran yang sukses harus memperhatikan beberapa hal, yang mampu membangun nama restoran (branding), mampu memposisikan restoran Anda, menganalisis menu dan pelatihan. Branding restoran itu tidak mudah dan tidak cukup hanya promosi di media cetak, elektronik dan online. Nama restoran yang bagus harus dimulai dengan membangun citra dan reputasi sehingga mengakibatkan saling relasi dan dikenal luas.

Posisikan restoran Anda terkait dengan konsep restoran, pengunjung yang ditargetkan, kelas atau harga yang ditawarkan, lokasi dan keunikan restoran Anda. Selalu menganalisis menu yang disajikan, dievaluasi setidaknya setiap 6 bulan untuk menjaga menu makanan masih menarik bagi pelanggan. Dengan cara ini, Anda dapat menentukan menu yang akan dipasang atau disingkirkan di dalam buku menu. Selain itu, perlu diingat bahwa pelanggan selalu menginginkan menu baru.

Baca ini juga :  Inilah Kekurangan dalam Melakukan Pemasaran Bisnis Online ke Luar Negeri

Salah satu cara dalam memasarkan restoran khas Indonesia salah satunya Cina, yaitu Baidu. Baidu merupakan mesin pencari asal Cina yang paling populer dan nomor satu di Cina mengalahkan, penggunaan Google. Hal itu dilakukan karena, masyarakat Cina sering menggunakan Baidu sebagai mesin pencari dalam melakukan aktivitas browsing di Internet sehari – hari. Hal itu dapat menjadi celah bagi bisnis restoran Anda dan mengembangkan bisnis tiket pesawat Anda hingga menjangkau masyarakat di Cina bahkan di negara-negara lainnya.

Penggunaan Baidu dirasa cukup efektif dan efisien karena saat ini Indonesia dan Baidu telah mengadakan kerjasama. Kerjasama ini dilakuakan untuk menarik minat masyarakat di Cina untuk datang berkunjung ke Indonesia. Ini menjadi kesempatan bagi Anda para pebisnis restoran untuk memasarkan produk restorannya di Baidu guna menjangkau calon pelanggan dari Cina tersebut.

Selain itu terdapat juga hal-hal yang dapat dilakukan dalam kegiatan pemasaran sebuah restoran. Berikut adalah strategi pemasaran restoran yang wajib Anda ketahui diantaranya:

– Merencanakan promosi yang aktif

Anda dapat membuat agenda acara bulanan atau mingguan di restoran Anda. Misalkan menyajikan spesial mingguan atau menyajikan menu khusus di Hari Raya. Susunlah program customer loyalty. Misalnya dengan menggunakan sejumlah tamu yang terdaftar dalam database atau minimal sudah dua kali berkunjung. Membuat undangan untuk pasangan (dua orang) disertai dengan harga paket yang sudah disertai set menu dan satu minuman (soft drink). Selain itu undangan juga dibatasi masa berlakunya, misalnya untuk 2 minggu saja. Anda juga dapat membuat program promosi seperti membuat menu spessial, festival makanan, demo masak, memberikan insentif, memberi hadiah mainan anak atau mengadakan kontes menggambar untuk anak-anak.

Baca ini juga :  Begini Pemasaran Wisata Indonesia ke Cina Melalui Mesin Pencari Baidu

-Perhatikan Tingkat Kepusan Para Pelanggan

Manajer restoran terkadang tidak menyadari bahwa hubungan dengan pelanggan adalah penentu keberhasilan suatu bisnis restoran. Umumnya pelanggan kecewa tidak akan kembali ke restoran Anda. Pelanggan yang mengeluh dan merasa telah puas akan lebih setia daripada seorang pelanggan yang tidak puas dan tidak mengajukan keluhan. Kehilangan pelanggan biasanya disebabkan karena ketidakpuasan. Seberapa efektif yang bisa dilakukan adalah dengan menghubungi pelanggan yang jarang datang tetapi berpotensi untuk datang ke restoran Anda.

– Memahami empat faktor yang mempengaruhi penjualan

Sebenarnya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penjualan di restoran, antara lain, pengenalan pertama, frekuensi kunjungan, kemampuan setiap pengunjung dan menyediakan pembelian paket untuk pesta.

  1. Kesan pertama pengunjung pertama kalinya makan di restoran Anda dapat sangat menentukan penilaian. Mereka akan mulai membangun persepsi, mulai dari pintu masuk pertama ke restoran, kecepatan layanan, rasa hidangan, jasa perhotelan, untuk penanganan pembayaran ketika akan pulang.
  2. Menghitung frekuensi pengunjung restoran Anda datang kembali akan menjadi patokan untuk menghitung jumlah pelanggan setia Anda. Untuk sebuah restoran yang berdiri sendiri (tidak di mall). Perlu dicatat bahwa jika sebgian besar datang adaalah orang-orang baru (kecuali restoran yang terletak di rest area & resort), karena bisa jadi restoran Anda jarang disukai mereka.
  3. Kemampuan para pelayan dan pengawas (supervisor) dalam menjual sangat dipengaruhi jumlah keuntungan yang akan diterima dari pengunjung restoran. Bagaimana menawarkan hidangan saat mengambil pesanan, bagaimana berbicara, kemampuan untuk menjual makanan dan minuman tambahan akan meningkatkan pembelian pengunjung (average check).
  4. Banyaknya pelanggan yang membuat acara pesta akan meningkatkan penjualan di restoran Anda. Tapi Anda harus membuat program-program yang menarik dan menu pesta sesuai dengan konsep restoran. Selama perjamuan diharapkan untuk tidak menutup restoran seperti pada umumnya karena membangun citra buruk dan menggagalkan pelanggan setia. Jangan tergoda untuk keuntungan sesaat saja, tetapi juga memikirkan kelangsungan bisnis untuk jangka panjang. Oleh karena itu Anda perlu membangun hubungan dan kepuasan pelanggan.
Baca ini juga :  Ini dia Cara Pemasaran Bisnis Produk Makanan Hingga ke Luar Negeri